Rabu, 23 September 2009

Vitamin D untuk berpikir lebih cepat

Selain punya peran cukup vital dalam mempertahankan kepadatan tulang agar kuat dan tidak gampang osteoporosis, vitamin D ternyata juga punya pengaruh terhadap kecepatan berpikir kita, terutama laki-laki. Hal ini didasarkan pada penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry.

Studi kesehatan ini meneliti lebih dari 3100 laki-laki berusia 40 tahun ke atas di 8 kota di eropa, yaitu Florence, Leuven, Lodz, Poland; Malmo,Manchester,Santiago de Compostela, Szeged, Hungary, dan Tartu.

Para peneliti ini mengambil sampel darah seluruh kaum adam tersebut untuk mengetahui kadar vitamin D dalam darah. Lalu para patisipan diharuskan melakukan 3 tes untuk menguji kecepatan berpikir, yaitu visual memory, pengenalan visual dan kecepatan dalam memproses informasi visual.

Hasilnya cukup mengejutkan, mereka dengan kadar vitamin D dalam darah yang rendah ternyata memiliki skor buruk dalam tes pengenalan visual dan proses informasi visual.

Salah satu peneliti David Lee, PhD, MPH dari England’s University of Manchester mengatakan bahwa hasil penelitian ini mungkin berhubungan dengan kondisi geografis karena saat paling baik bagi tubuh kita dalam memproduksi vitamin D adalah saat terpapar sinar matahari sedang, mereka yang tinggal ditempat dengan sedikit sinar matahari memproduksi lebih sedikit vitamin D yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap hasil penelitian ini.

Hmm.. Bersyukurlah kita yang berada di negara dengan sinar matahari berlimpah ini, tapi meskipun kita kaya akan sinar matahari kenapa kalo mikir masih lemot ya?

- 26 Mei 2009


Sumber :

Dzulfikar Zacky

http://www.juraganmedis.com/vitamin-d-untuk-berpikir-lebih-cepat.html

23 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar